Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, EFISIENSI, KECUKUPAN MODAL, NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) (Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk periode 2002-2011)

Image of ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS, EFISIENSI, KECUKUPAN MODAL, NON PERFORMING FINANCING (NPF), DAN NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA)
(Studi Kasus Pada PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk periode 2002-2011)
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, efisiensi, kecukupan modal, Non Performing Financing (NPF), dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Return on Asset (ROA). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Financing to Deposit Ratio (FDR), Beban Operasional terhadap Pendapatan operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), dan Net Interest Margin (NIM) terhadap variabel dependen Return on Asset (ROA).
Data penelitian ini merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan triwulanan PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk periode 2002-2011. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, Uji F, Uji T, dan koefisien determinasi (R2) menggunakan SPSS for Windows versi 16.0.
Hasil Uji F statistik menunjukkan bahwa variabel FDR, BOPO, CAR, NPF, dan NIM secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ROA pada tingkat signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Hasil analisis Uji T menunjukkan bahwa secara parsial variabel NIM berpengaruh positif signifikan terhadap ROA, sedangkan variabel FDR dan BOPO berpengaruh negatif signifikan terhadap ROA dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Sementara variabel CAR dan NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan tingkat signifikansi masing-masing 0,902 dan 0,438 yang lebih besar dari 0,05. Nilai adjust R2 sebesar 0,965 yang menunjukkan bahwa sekitar 96,5% ROA dijelaskan oleh kombinasi variabel FDR, BOPO, CAR, NPF, dan NIM. Sedangkan sisanya sebesar 3,5% diterangkan variabel lain diluar model penelitian.

Kata Kunci : Likuiditas, Efisisensi, Kecukupan Modal, Non Performing Financing, Net Interest Margin, Return on Asset.
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

501

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2013

Subyek

-

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.