Digital Library
Perpustakaan Universitas Pekalongan

PERBANDINGAN DETERJEN (RINSO CAIR)DAN PEMUTIH PAKAIAN (BAYCLIN) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Mycobakterium tuberculosis

No image available for this title
Penyakit Tuberkulosis atau TB adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Untuk mencegah penularan perlu alternatif desinfektan pada pot sputum yang ada dilingkungan penderita yaitu deterjen (Rinso Cair) dan pemutih pakaian (Bayclin). Untuk itu perlu penelitian desinfektan alternatif tersebut guna mengetahui perbedaan kemampuan menghambat petumbuhan terhadap bakteri Mycobacterium tuberculosis.
Jenis penelitian adalah eksperimen menggunakan bahan pemutih pakaian merk Bayclin atau deterjen cair merk Rinso cair yang masing-masing tanpa pengenceran, diencerkan 2 kali, 5 kali dan 10 kali kemudian campur dengan bakteri Mycobacterium tuberculosis dan ditanam pada media Lowenstein Jensen selama 6 minggu.
Hasil penelitian Rinso cair tanpa pengenceran dapat menghambat pertumbuhan bakteri sampai 42 hari, deterjen (Rinso cair) diencerkan 2 kali mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam 7 hari sedangkan deterjen (Rinso cair) yang diencerkan 5 kali dan 10 kali tidak mempunyai kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bayclin tanpa diencerkan, diencerkan 2 kali, 5 kali dan 10 kali mampu menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tuberculosis sejak minggu pertama sampai minggu ke enam (42 hari). Perbedaan antara Rinso cair dan Bayclin dengan uji T independen didapatkan hasil nilai T hitung – 4,52 dan nilai p value (Sig.(2-tailed)) adalah 0,003. Jika alpha (α) = 0,05 maka kedua sempel yaitu Deterjen (Rinso Cair) dan Pemutih Pakaian (Bayclin) mempunyai perbedaan kemampuan yang signifikan dalam menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tuberculosis.
Saran untuk penderita TB. Paru bisa menggunakan alternatif desinfektan untuk pot sputum misalnya menggunakan pemutih pakaian (Bayclin).
Kata kunci : Kemampuan menghambat pertumbuhan antara Rinso cair dan Bayclin terhadap Mycobacterium tuberculosis.
Kepustakaan : 21 buah, 1993-2011
Ketersediaan
FKM0303131614 JUR pMy LibraryTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

614 JUR p

Penerbit

Prodi Kesehatan Masyarakat FIK Universitas Pekalongan : Jl. Sriwijaya No. 3 Pekalongan.,

Deskripsi Fisik

76+xv;A4

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

614

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Maret 2013

Info Detil Spesifik

Hard Copy dan Soft Copy (CD)

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain
Komentar

Pilih Bahasa

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.